Blogroll

About

TUTORIAL MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MENGGUNAKAN MAIL MERGE



TUTORIAL MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MENGGUNAKAN MAIL MERGE


Langkah-Langkah :

1. Buka Microsoft Publisher, caranya dengan Klik Start --> Pilih All Program --> Pilih Microsoft Office --> Lalu Pilih dan buka Microsoft Publisher.


















2. Kemudian setelah Microsoft Publisher dibuka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini


















3. Setelah itu kita tentukan/pilih desain Sertifikat yang akan kita gunakan nanti dengan cara pilih Award Certificates pada menu More Templates dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini dan pilih desain sertifikat sesuai dengan yang kamu inginkan.

                               


































Bagi yang ingin membuat sertifikat dengan jumlah yang banyak, kita tidak perlu untuk membuat satu persatu sertifikatnya karena ada fasilitas yang bernama Mail Merge yang ada pada Microsoft Word dan Excel, pada kesempatan ini kita akan menggunakan Microsoft excel.

4. Buka Microsoft Excel, caranya dengan Klik Start --> Pilih All Program --> Pilih Microsoft Office --> Lalu Pilih dan buka Microsoft Excel.


















5. Kita buat Kolom (No. Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat, dan Keterangan) dan isilah kolom No. Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, dan Nilai sesuai dengan ketentuan.



















Setelah itu kita buat kolom predikat dan keterangan di samping kolom utama dan kita isi batas nilai yang akan kita gunakan misalnya “70” untuk menentukan “kurang” atau “baik” nilai tersebut pada kolom predikat dan nilai yang menentukan apakah “mengulang” atau “lulus” pada kolom keterangan seperti pada gambar di atas.

6. Setelah itu, kita isi kolom Predikat dengan menggunakan rumus Fungsi IF yakni dengan =IF(D3<=70,"Kurang","Baik") dengan catatan:
D3        = Nilai Pertama pada kolom Nilai
<=70    = Kurang dari nilai 70
Kurang = Nilai kurang dari 70
Baik     = Nilai lebih dari 70



















7. Kemudian kita tarik ke bawah hasilnya tadi dan akan menjadi seperti ini


















8. Setelah itu lakukan hal sama pada kolom keterangan yaitu menggunakan rumus seperti rumus pada kolom predikat =IF(D3<=70,"Kurang","Baik") tetapi kata “Kurang” dan “Baik” diganti dengan kata “Mengulang” dan “Lulus” sehingga menjadi =IF(D3<=70,"Mengulang","Lulus").




















9. Setelah semua langkah di atas selesai, kita simpan Filenya dengan nama “Data Sertifikat” kemudian kita kembali lagi ke file sertifikat.

10. Ubahlah tulisan dan logo yang ada di dalam format sertifikat sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan ukuran text box dengan teks yang kita ketikkan.


 













11. Untuk pengisian nama-nama penerima sertifikat dan data-data lainnya tersebut kita gunakan fasilitas Mail Merge pada menu Mailings. Menggunakan mail merge untuk mempercepat pengisian sertifikat atau piagam.

12. Tandai tulisan “No. , Nama , Jenis Pelatihan , Nilai , Predikat , dan Keterangan”.

13. Lalu pilih menu Mailings/Select Recipients/Use Existing List/Cari nama file “Data Sertifikat” yang kita buat pada Microsoft Excel tadi, lalu tandai/Klik Open.

14. Sekarang klik lagi menu Insert Merge Field/Pilih tulisan “No. , Nama , Jenis Pelatihan , Nilai , Predikat , dan Keterangan” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini














15. Untuk membuka nama nya, klik menu Preview Result maka akan muncul nama record pertama.














16. Untuk memunculkan nama berikutnya tinggal menekan tanda panah ke kanan (disamping tulisan yang dilingkari merah).

17. Setelah itu kita simpan File sertifikat kita tersebut dan selesai, selamat mencoba!

0 Response to "TUTORIAL MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MENGGUNAKAN MAIL MERGE"

Posting Komentar

wdcfawqafwef