TUTORIAL MEMBUAT
SERTIFIKAT DENGAN MENGGUNAKAN MAIL MERGE
Langkah-Langkah :
1. Buka Microsoft
Publisher, caranya dengan Klik Start --> Pilih All Program --> Pilih Microsoft
Office --> Lalu Pilih dan buka Microsoft Publisher.
2. Kemudian setelah Microsoft Publisher dibuka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini
3. Setelah itu
kita tentukan/pilih desain Sertifikat yang akan kita gunakan nanti dengan cara
pilih Award Certificates pada menu More Templates dan akan muncul tampilan
seperti pada gambar di bawah ini dan pilih desain sertifikat sesuai dengan yang
kamu inginkan.
Bagi yang ingin
membuat sertifikat dengan jumlah yang banyak, kita tidak perlu untuk membuat
satu persatu sertifikatnya karena ada fasilitas yang bernama Mail Merge yang
ada pada Microsoft Word dan Excel, pada kesempatan ini kita akan menggunakan
Microsoft excel.
4. Buka Microsoft Excel, caranya dengan
Klik Start --> Pilih All Program --> Pilih Microsoft Office --> Lalu Pilih dan
buka Microsoft Excel.
5. Kita buat Kolom (No. Sertifikat, Nama,
Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat, dan Keterangan) dan isilah kolom No.
Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, dan Nilai sesuai dengan ketentuan.
Setelah itu kita
buat kolom predikat dan keterangan di samping kolom utama dan kita isi batas
nilai yang akan kita gunakan misalnya “70” untuk menentukan “kurang” atau
“baik” nilai tersebut pada kolom predikat dan nilai yang menentukan apakah “mengulang” atau “lulus” pada kolom
keterangan seperti pada gambar di atas.
6. Setelah itu, kita isi kolom Predikat
dengan menggunakan rumus Fungsi IF yakni dengan =IF(D3<=70,"Kurang","Baik")
dengan catatan:
D3 = Nilai Pertama pada kolom Nilai
<=70 = Kurang dari nilai 70
Kurang = Nilai kurang dari 70
Baik = Nilai lebih dari 70
7.
Kemudian kita tarik ke
bawah hasilnya tadi dan akan menjadi seperti ini
8. Setelah itu lakukan hal sama pada
kolom keterangan yaitu menggunakan rumus seperti rumus pada kolom predikat =IF(D3<=70,"Kurang","Baik")
tetapi kata “Kurang” dan “Baik” diganti dengan kata “Mengulang” dan “Lulus”
sehingga menjadi
=IF(D3<=70,"Mengulang","Lulus").
9.
Setelah semua langkah di atas selesai, kita simpan Filenya dengan nama “Data
Sertifikat” kemudian kita kembali lagi ke file sertifikat.
10.
Ubahlah tulisan dan logo yang ada di dalam format sertifikat sesuai dengan
kebutuhan. Sesuaikan ukuran text box dengan teks yang kita ketikkan.
11.
Untuk pengisian nama-nama penerima sertifikat dan data-data lainnya tersebut kita
gunakan fasilitas Mail Merge pada menu Mailings. Menggunakan mail merge untuk
mempercepat pengisian sertifikat atau piagam.
12.
Tandai tulisan “No. , Nama , Jenis Pelatihan , Nilai , Predikat , dan
Keterangan”.
13.
Lalu pilih menu Mailings/Select Recipients/Use Existing List/Cari nama file
“Data Sertifikat” yang kita buat pada Microsoft Excel tadi, lalu tandai/Klik
Open.
14.
Sekarang klik lagi menu Insert Merge Field/Pilih tulisan “No. , Nama , Jenis
Pelatihan , Nilai , Predikat , dan Keterangan” maka akan muncul gambar seperti
dibawah ini
15.
Untuk membuka nama nya, klik menu Preview Result maka akan muncul nama record
pertama.
16.
Untuk memunculkan nama berikutnya tinggal menekan tanda panah ke kanan
(disamping tulisan yang dilingkari merah).
17.
Setelah itu kita simpan File sertifikat kita tersebut dan selesai, selamat
mencoba!
0 Response to "TUTORIAL MEMBUAT SERTIFIKAT DENGAN MENGGUNAKAN MAIL MERGE"
Posting Komentar